Friday, September 19, 2014

[Expired Film Series] Ancol

Hemm, jadi ceritanya saya mau membuat label khusus untuk film-film yang sudah expired / basi didalam blog ini. Terinspirasi dari teman instagram yang membuat tagar #expiredfilmseries. Kenapa sampai tertarik mau ikutan bikin, sepele sih, mau memeriahkan aja karena sepertinya menarik. Expired films dengan fotografi analog adalah kedua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Mencintai fotografi analog pada zaman ngehek seperti sekarang ini merupakan dilema, antara perasaan dan dompet. Harga film fresh yang makin ga karuan, hati yang selalu teriak-teriak nyuruh hemat supaya bisa kredit rumah.

Beli film basi / expired merupakan solusi yang sebenernya tidak dianjurkan untuk mengatasi dilema tersebut karena harganya lumayan murah. Hasilnya juga kadang ajaib, dalam satu batch roll film kadang ada yang hasilnya oke, kadang ada yang huft banget. Warnanya kabur, atau emulsinya sudah tipis, rontok. Ya terima aja nasib, kebanyakan sih hasilnya mengecewakan menurut saya. Tapi semua tergantung selera sih hehe.









Pentax Espio Mini - Kodak Gold 400 expired unknown.
Ancol - 2014.

1 comment: